Barang rusak saat diterima customer, apakah bisa klaim asuransi?
Owner image url
2 tahun yang lalu

Sudah packing aman sesuai standard Lazada yaitu menggunakan bubble wrap, kardus tebal dan tempel stiker tulisan barang mudah pecah. Saat customer terima barang dalam keadaan rusak, apakah bisa klaim asuransi dan caranya gimana?

Karena customer hanya ada pilihan pengembalian barang ke seller. Dan seller juga cuman ada pilihan terima atau tolak. Kalau seller klik terima, berarti kerugian ditanggung seller. Kalau seller klik tolak, nanti dibilang jualan tidak amanah.

Mohon pencerahan para suhu di sini. Terima kasih..


6 Jawaban

Owner image url
2 tahun yang lalu

Satu2nya cara yg salah tahu saat ini adalah:
- Customer ajukan komplain retur pengembalian barang dan dana
- Seller tolak komplain customer
- Customer ajukan banding ke tim Dispute Lazada
- Seller lampirkan bukti foto sudah packing pakai bubble wrap dan stiker Fragile merah

- Lazada akan ganti rugi ke customer dan seller tanpa perlu kirim balik barang yg pecah


Tapi kalo terlalu banyak penolakan seller akan kena poin pinalti karena dianggap kesalahan seller.. Ini yg bikin saya bingung sebenarnya prosedur yg benar tuh gimana ya?


Owner image url
2 tahun yang lalu

Halo kak,

Ketika costumer mengajukan pengembalian produk akibat produk rusak, kakak sebagai seller bisa melaporkan kasus ini ke PSC. Tentunya wajib memberikan bukti-bukti seperti kondisi sebelum packing dan kondisi setelah packing.

Kakak juga sebaiknya minta costumer untuk memfotokan paket yang dia terima sebelum dan setelah unboxing.

Ketika PSC mengetahui adanya masalah ini, mereka akan membantu untuk dilakukan investigasi, salah satunya ke pihak pengiriman.

Pengalaman sih, apabila memang terbukti pihak ekspedisi pengiriman yang salah, Lazada akan membantu mengurusnya sbb: retur uang costumer dan penggantian dana ke seller. Jadi tidak ada yang dirugikan.

Saran sih, sebagai penjual yang menjual barang-barang mudah pecah, sebaiknya mengantisipasi hal-hal ini seperti misalnya:

  1. Kemas pakai dobel box & bubble wrap tebal

  2. Kemas pakai packing kayu

  3. Tuliskan yang BESAR: HATI HATI BARANG PECAH !!!!

Semoga membantu ya kak!

Sekilas iklan: yuk ikuti kelas LazStar saya di bulan ini. Link di bio instagram saya yah! (linktr.ee/sharingbarengrika)

Salam,

Rika

City Leader & LazStar Trainer Kece 😎

Comment's user profile picture
Balaji Rainbow 2 tahun yang lalu

Ketika lapor PSC, di menu DRTM harus kita jawab terima atau tolak ya kak? karena cuman dikasih waktu 3 hari kalendar, sedangkan PSC patokannya hari kerja (sabtu/minggu tidak dihitung).. Lewat dari itu akibatnya fatal di DRTM.. !


Owner image url
2 tahun yang lalu

Bisa ya kak, laporkan ke PSC.

Untuk jaga2 siapkan dokumentasi sebagai bukti bahwa paket yang dikirim dalam kedaan baik ya kak.

Comment's user profile picture
Balaji Rainbow 2 tahun yang lalu

Kok customer disuruh lapor PSC? wah berarti kakak tidak nyimak pertanyaan saya nih...

Comment's user profile picture
Belajar Bareng Burhan 2 tahun yang lalu

oh ya maaf, ditunggu saja dulu barang kali nanti ada seller lain yang bisa bantu jawab dengan lebih menyimak pertanyaannya.


Owner image url
2 tahun yang lalu

Suruh customer ajukan retur (pengembalian barang), nanti ketika barang anda terima..Anda bikin Berita Acara Penolakan RTS (Retur To Shipper)..Setelah itu anda buka Xform Lazada dan ajukan klaim dgn alasan damage retur..Upload itu bukti Berita Acara Penolakan RTS..100% barang anda akan diganti sesuai dgn nilai barang yg ada pada transaksi pada nomer orderan tersebut..Terimakasih semoga terbantu

Comment's user profile picture
Balaji Rainbow 2 tahun yang lalu

Kalo retur karena customer komplain, kurir yg antar bukan LEX atau NINJA lagi kak.. tapi kurir lain dan form penolakan RTS tidak berlaku sebab ini bukan paket gagal kirim...


Owner image url
2 tahun yang lalu

Kok customer disuruh lapor PSC? wah berarti kakak tidak nyimak pertanyaan saya nih...


Owner image url
2 tahun yang lalu

Saya bisa kasih pendapat seperti itu karena sudah praktek ya..Maaf klo blm bisa bantu anda

Comment's user profile picture
Balaji Rainbow 2 tahun yang lalu

maaf sepertinya kakak belum bisa membedakan antara RTS dan DRTM... yg saya tanyakan adalah DRTM, bukan RTS...

Masuk untuk membalas