Program Pengiriman Prioritas dirancang untuk pengiriman yang lebih cepat dalam area yang sama. Pembeli dapat menerima pesanan dalam waktu 2 hari sejak pesanan dibuat sehingga memberikan pengalaman belanja yang lebih baik.
Cara menghitung tingkat Pengiriman Prioritas
Batas waktu pengiriman prioritas
Bagaimana jika saya melewati batas waktu untuk pesanan Pengiriman Prioritas?
Bagaimana cara melihat metriks Pengiriman Prioritas?
Visibilitas lebih dengan tag Pengiriman Prioritas pada Halaman Hasil Pencarian, Halaman Detail Produk, Halaman Untukmu dan Halaman Checkout
Filter untuk Pengiriman Prioritas
Aktivitas pemasaran bagi penjual untuk menginformasikan kepada pembeli dengan tag di toko Anda
Keuntungan ini akan diberikan tanpa biaya tambahan dan otomatis jika penjual memenuhi kriteria.
Penjual harus memenuhi kriteria berikut untuk bergabung dengan program Pengiriman Prioritas:
Tingkat Pengiriman Prioritas ≥ 95%
Tingkat Pembatalan karena kesalahan penjual ≤ 5%
Mendapatkan minimal pesanan 100 produk (dalam 30 hari terakhir)
Penjual akan otomatis bergabung dengan program ini jika memenuhi kriteria diatas.
Review kriteria untuk program ini akan dilakukan sebulan sekali dan penjual harus memenuhi kriteria yang ditetapkan. Lazada berhak tidak mengikutsertakan penjual dari program ini jika tidak memenuhi kriteria tersebut.
Review akan dilakukan di tanggal 28 di setiap bulannya. Apabila pada bulan sebelumnya penjual telah dikeluarkan namun di bulan berikutnya berhasil memenuhi kriteria kembali, maka penjual berkesempatan untuk bergabung pada bulan selanjutnya.
Kriteria paket untuk Program Pengiriman Prioritas:
Berat tidak boleh melebihi 20kg
Dimensi 70cm atau lebih kecil
Jenis paket normal
SKU Bulky/Berat/Pre-order tidak termasuk dalam program ini
Rumus Perhitungan:
Contoh:
Penjual A menerima 100 pesanan. Dari 100 pesanan, 50 pesanan berasal dari jangkauan pengiriman prioritas yang sudah dilayani. Kemudian dari 50 pesanan, hanya 40 pesanan yang berhasil dikirimkan sesuai dengan batas waktu pengiriman prioritas.
Agar pesanan dapat terkirim dalam waktu 2 hari, akan ada batas waktu untuk penjual melakukan pemenuhan pesanan:
Pesanan Pickup
Untuk pesanan yang dilakukan di hari kerja: Penjual harus klik RTS dalam H+1 16:00 dan TTS dalam H+1 sebelum 23:59
Untuk pesanan yang dilakukan di akhir pekan: Penjual harus klik RTS pada hari Senin pukul 16:00 dan TTS pada hari Senin sebelum 23:59
Untuk pesanan yang dilakukan pada Hari Libur Nasional: Penjual harus klik RTS pukul 16:00 dan TTS pukul 23:59 pada hari kerja berikutnya.
Pesanan Dropoff
Penjual yang memenuhi kriteria di bawah ini dapat mengikuti Program Pengiriman Prioritas:
Untuk pesanan drop-off yang dilakukan pada hari kerja: Penjual harus TTS dalam H+1 sebelum pukul 16.00
Untuk pesanan drop-off yang dilakukan pada akhir pekan: Penjual harus TTS pada hari Senin sebelum pukul 16:00
Untuk pesanan drop-off yang dilakukan pada Hari Libur Nasional: Penjual harus TTS dalam 16:00 pada hari kerja berikutnya.
[PENTING] Sabtu akan dihitung sebagai hari kerja
Simulasi
Hal ini akan mengurangi metriks Pengiriman Prioritas di toko Anda. Pesanan Anda tidak akan dibatalkan dan Anda tidak akan mendapatkan penalti/poin pelanggaran jika pesanan Anda melewati batas waktu pengiriman untuk pesanan prioritas.
Anda dapat melihat metriks Pengiriman Prioritas pada halaman Manajemen Pesanan .
Ikon Pengiriman Prioritas akan berwarna biru apabila Anda sudah berhasil bergabung dan akan berwarna abu-abu apabila Anda belum bergabung dalam program Pengiriman Prioritas.
Untuk membantu memfilter semua pesanan Pengiriman Prioritas, pilih tab Pengiriman Prioritas , hal ini membantu Anda untuk memprioritaskan pesanan yang diterima. Pada halaman ini juga terdapat informasi tenggat waktu.
Berikut adalah contoh label pengiriman pada paket Pengiriman Prioritas:
Di Lokasi mana sajakah program ini tersedia?
Saat ini program sudah tersedia di area Jabodetabek, Bali, Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara. Namun kedepannya akan tersedia untuk area lainnya.
Perlu diingat, program ini hanya tersedia untuk pembeli dan penjual yang berada di wilayah yang sama.
Apakah ada biaya tambahan untuk bergabung ke program ini?
Tidak ada biaya tambahan untuk bergabung ke program ini.
Apakah biaya pengiriman untuk Pengiriman Prioritas lebih mahal dibandingkan dengan Pengiriman Standar untuk pembeli?
Pengiriman Prioritas akan menggantikan opsi Pengiriman Standar. Dalam hal biaya pengiriman, pembeli yang akan membayar biaya ongkir sama dengan opsi Pengiriman Standar.
Logistik apa yang akan mendukung saya dalam program ini?
Untuk saat ini, paket hanya akan di dukung oleh LEX (Lazada Logistik).