Permintaan Penjemputan Kurir

Telah dibaca 5.5K Seller Dipublikasikan pada 10 Maret 2023

Permintaan penjemputan kurir (Khusus Seller Pickup dengan Kurir LEX) bisa diajukan melalui Seller Center namun tidak semua penjual dapat mengajukan penjemputan. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena fitur ini akan aktif secara berkala pada Seller Center Anda.

Kondisi yang perlu diperhatikan ketika Anda mengajukan permintaan penjemputan/Pickup

Tahapan untuk melakukan pengajuan permintan penjemputan/pickup di Seller Center dan respon LEX

Berikut adalah cara mengajukan penjemputan atau pick up melalui Seller Center:

  1. Buka menu "Pesanan" dan masuk ke "Pusat Logistik"

  2. Pilih tab "Pickup"

  3. Pilih tombol "Ajukan Pickup"

Jika Anda memiliki lebih dari 1 ID gudang, pilih gudang yang ingin dilakukan pengajuan pick up, kemudian pilih "Ajukan pick up" pada gudang tersebut.

Kondisi yang perlu diperhatikan ketika Anda mengajukan permintaan penjemputan/Pickup

Tombol "Ajukan Pickup" tidak dapat di pilih apabila berwarna abu-abu, sehingga penjual tidak dapat mengajukan permintaan pickup.

Anda tidak bisa mengajukan permintaan penjemputan, jika:

  • Kondisi 1: Penjual mengajukan penjemputan sebelum jadwal pickup LEX

*Penjual harus menunggu hingga jadwal pickup LEX untuk bisa mengajukan penjemputan

  • Kondisi 2: Penjual mengajukan penjemputan ketika RTS LEX=0

*Penjual harus memastikan bahwa paket yang siap sudah di RTS

  • Kondisi 3: Penjual tidak memiliki jadwal LEX, namun mengajukan penjemputan sebelum jam 4 sore

*Penjual tanpa jadwal penjemputan hanya dapat mengajukan permintaan setelah jam 4 sore

Anda dapat mengajukan permintaan penjemputan/pickup, jika:

Tombol "Ajukan Pickup" dapat di pilih apabila berwarna biru, artinya permintaan pickup bisa diajukan dengan ketentuan:

  • Kondisi 1: Status “Menunggu Kurir untuk Pickup”, di rentan/setelah jadwal penjemputan LEX

  • Kondisi 2: Status sudah di jemput sebelumnya, RTS LEX > 0, penjual ingin ada tambahan penjemputan

  • Kondisi 3: Penjual tidak memiliki jadwal LEX, sama sekali belum di pickup dan mengajukan penjemputan setelah jam 4 sore

Tahapan untuk melakukan pengajuan permintan penjemputan/pickup di Seller Center dan respon LEX

Tampilan status di ASC akan berubah menjadi “Menunggu Respon”

Ketika LEX memberikan respon, tampilan status di ASC akan berubah menjadi “LEX Merespon” dan ketika di klik tampil informasi bisa atau tidak untuk di jemput oleh LEX

**LEX akan merespon dalam kurun waktu 2 jam, jika belum ada respon anda bisa bertanya melalui Customer Care

Mohon diperhatikan:

  • Pastikan paket Anda sudah di RTS sebelum melakukan pengajuan pickup dan Anda dapat menanyakan status pengajuan dengan memberikan nomor resi pengiriman (TN) Anda melalui PSC

  • Fitur ini hanya berlaku untuk penjual yang dilakukan penjemputan oleh LEX di seluruh Indonesia

Apakah Artikel ini bermanfaat untukmu?
Lazada University Logo
ADA dapat diakses 24 jam. Layanan Live Chat tersedia dari Senin - Sabtu pukul 9 pagi - 6 sore.