[Penjualan] - Kebijakan Pre-Order

Telah dibaca 4.7K Seller Dipublikasikan pada 28 Desember 2022

Kebijakan Pre-order

1. Pengenalan

2. Fitur Pre-order

3. Kriteria

4. Limit Produk Pre-order

5. Batas Waktu Pengiriman untuk produk Pre-order

6. Kebijakan

7. Tindaklanjut dan Penalti

1. Pengenalan

  • Produk Pre-order adalah produk yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dipersiapkan sekitar 7 hari atau lebih. Seperti produk yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dibuat atau custom. Produk-produk ini biasanya akan memakan waktu lebih lama dari waktu yang ditentukan untuk diserahkan pesanan ke mitra logistik (atau dikirim ke pembeli jika pesanan dikirim langsung oleh penjual) sejak pesanan dibuat.

  • Artikel ini menjelaskan:

(a) Limit produk yang dapat dijual sebagai produk Pre-order

(b) SLA untuk produk Pre-order

(c) Kebijakan dan tindaklanjut

2. Fitur Pre-order

Aktivasi fitur Pre-order dapat ditemukan di halaman pengiriman & garansi di Seller Center:

Cara melihat limit produk untuk fitur Pre-order di halaman atur produk di Seller Center:

Penjual perlu membuat 2 paket berbeda untuk:

  • Produk Pre-order dan produk non-Pre-order

  • Produk Pre-order memiliki batas waktu pengiriman (SLA) yang berbeda

3. Kriteria

Kriteria untuk dapat mengakses fitur Pre-Order:

  • Rating Penjual >= 75%

  • Tingkat Pembatalan <=5%

  • Keterlambatan Pengiriman <=25%

  • Paket Tidak Siap (PNR) <10%

Penjual dapat mendaftarkan diri untuk fitur Pre Order disini

4. Limit Produk Pre-order

Tabel dibawah ini akan menjelaskan jumlah maksimum dari produk yang dapat menggunakan fitur Pre-order.

5. Batas Waktu Pengiriman untuk produk Pre-order

Untuk Produk Pre-order, penjual harus mengatur batas waktu pengiriman mulai dari 7 hingga 30 hari kerja, sesuai dengan SLA dibawah ini:

6. Kebijakan

  • Penjual tidak boleh membatalkan pesanan ketika pembeli melakukan pesanan untuk produk Pre-order. Jika penjual membatalkan pesanan maka akan terhitung sebagai pembatalan karena kesalahan penjual

  • Penjual harus memenuhi pesanan Pre-order dalam batas waktu pemenuhan pesanan yang telah ditentukan untuk produk Pre-order. Pesanan untuk produk Pre-order akan secara otomatis dibatalkan jika tidak dikirim hingga 1 hari setelah melewati batas waktu pengiriman yang telah ditentukan oleh penjual sebelumnya

  • Fitur Pre-Order tidak dapat digunakan untuk produk:

a. Menggunakan sistem pembayaran Cash On Delivery (COD)

b. Jenis pengiriman Instant & Same Day

7. Tindaklanjut dan Penalti

7.1 Lazada mempertimbangkan faktor-faktor yang berhubungan untuk menentukan tindaklanjut yang sesuai. Penjual dapat melihat metriks ini di halaman kesehatan toko:

  • Jumlah Produk Pre-order yang dibatalkan

  • Jumlah Produk Pre-order yang dibatalkan karena kesalahan penjual dibandingkan dengan jumlah pesanan untuk produk Pre-order yang diterima (“Pembatalan karena kesalahan penjual”). Pembatalan karena kesalahan penjual akan dihitung berdasarkan:

a. Dihitung berdasarkan periode 45 hari;

b. Contoh perhitungan tingkat pembatalan karena kesalahan penjual yang terlihat di Seller Center pada 11 Desember 2021, maka:

Periode yang dihitung (45 hari; 7 hingga 52 hari yang lalu).

Periode yang tidak akan masuk ke hitungan (D-6) karena pesanan mungkin belum terpenuhi.

7.2. Penjual yang melakukan pelanggaran tidak dapat mengakses fitur Pre-order, tidak melihat status dari penjual tersebut. Periode evaluasi akan dilakukan sebulan sekali.

  • Penjual tidak dapat menambah produk Pre-order baru

  • Produk Pre-order yang memiliki tingkat pembatalan karena kesalahan penjual yang tinggi akan di non-aktifkan

  • Produk Pre-order lainnya akan tetap aktif sebagai produk Pre-order, tetapi penjual tidak dapat mengubah SLA produk Pre-order. Jika penjual ingin mengubah produk Pre-order menjadi produk normal maka, penjual harus menonaktifkan produk Pre-oder tersebut dan mengaktifkannya kembali

7.3. Penalti akan diberikan kepada penjual selama 1 bulan sejak penalti diberikan, 3 bulan di pelanggaran kedua, dan 6 bulan di pelanggaran ketiga, dan seterusnya.

Pelajari lebih lanjut di Lazada University

Apakah Artikel ini bermanfaat untukmu?
Lazada University Logo
ADA dapat diakses 24 jam. Layanan Live Chat tersedia dari Senin - Sabtu pukul 9 pagi - 6 sore.