FAQ Perubahan Halaman Pesanan di Seller Center

Telah dibaca 5.7K Seller Dipublikasikan pada 29 Januari 2021

FAQ Perubahan Halaman Pesanan di Seller Center

Hi Seller, kami melakukan pembaruan pada halaman pesanan anda di seller center, pada halaman pesanan saat ini anda bisa melihat lebih lengkap.

1. Q : Fitur apa yang baru pada halaman atur pesanan ?

A : Fitur baru pada halaman atur pesanan, yaitu antara lain :

    1. Pemisahan halaman “Pending” menjadi “Untuk Dikemas” dan “Ready To Ship” menjadi “Atur Pengiriman”

  a.Halaman “Untuk Dikemas” halaman ini dapat mempermudah anda mencetak dan menyelesaikan semua langkah sebelum mengepak barang , digunakan untuk anda mencetak dan menyiapkan paket

  b.Halaman Ready To Ship diubah menjadi “Atur Pengiriman”. Halaman ini untuk mengatur pengiriman dengan Ready To Ship jika paket sudah selesai dikemas.

     2. Adanya Filter baru yang dibuat untuk memudahkan anda mencari pesanan di halaman atur pesanan

    3. Gambar SKU yang tersedia untuk semua pesanan dan kemudahan anda dapat menghubungi pelanggan yang belum membayar pesanannya ,

  4. Anda dapat melakukan mass upload (mengatur pengiriman massal) dengan menggunakan tracking number.

2. Q : Apa saja yang bisa saya lihat pada tampilan baru halaman atur pesanan ?

A : Pada tampilan baru halaman atur pesanan anda dapat melihat :

     a. Metrik performa pemenuhan pesanan.

     b. Pembedaan halaman pengemasan dan pengiriman

     c. Filter pesanan yang lengkap

     d. Tampilan pesanan lebih lengkap

3. Q : Bagaimana jika Saya mengalami masalah/isu saat menggunakan halaman baru ini, apa yang harus saya lakukan?

A : Saat ini untuk sementara anda masih bisa menggunakan fitur yang lama, dimana fungsi halaman pemenuhan pesanan tidak berubah. Namun kami anjurkan Anda juga melaporkan ke team Partner Support kami.

4. Q : Apa tujuan dan fitur yang tersedia di halaman “Untuk Dikemas” ?

A : Pada halaman “Untuk Dikemas” anda dapat melihat fitur baru antara lain :

     a. Anda dapat mengetahui yang mana yang perlu di print dan pack sebelum masuk ke halaman Atur Pengiriman.

    b. Fitur filter dan pencarian lebih lengkap.

     c. Anda bisa melakukan export detail pesanan dalam format excel .xls

     d. Anda dapat memilih melakukan print masal atau untuk pesanan tertentu.

     e. Anda dapat mencetak pesanan secara massal, sesuai dengan urutan.

     f. Jika anda memilih untuk mencetak AWB “Siapkan Paket dan Cetak”, akan ada pop-up untuk mengingkatkan pesanan akan masuk ke halaman “Atur Pengiriman”

              (i) Print invoice dan/atau AWB akan memindahkan pesanan ke halaman “Atur Pengiriman”

     g. Anda tidak bisa melakukan Atur Pengiriman (Ready To Ship) di halaman ini.

     h. Pada halaman ini juga anda bisa melihat rekomendasi untuk memisahkan paket dalam satu pesanan dan melakukannya di halaman ini jika diperlukan.

5. Q : Apa tujuan dan fitur yang tersedia di halaman “Atur Pengiriman”?

A : Pada halaman “Atur Pengiriman” – Pickup seller anda dapat melihat fitur baru antara lain :

    a. Halaman Atur Pengiriman untuk memastikan hanya paket yang sudah siap dikirim diubah statusnya menjadi Ready To Ship.

    b. Fitur filter dan pencarian lebih lengkap dengan tambahan seperti pesanan yang masih perlu dikirimkan dan yang masih menunggu untuk pickup/drop-off.

     c. Anda masih bisa mencetak / print pesanan di halaman ini

     d. Di halaman ini Anda bisa melihat paket yang sudah dipisah dari halaman sebelumnya

     e. Anda bisa melakukan Ready to Ship / Atur Pengiriman untuk seleksi pesanan tertentu

     f. Anda bisa melakukan mass/bulk RTS dengan tracking number

     g. Saat mengklik Siap Dikirim, Anda akan ditunjukan pesan pop-up untuk mengingatkan bahwa pihak logistik akan dinotifikasi untuk menjemput

    h. Untuk penjual pickup:

              (i) Setelah mengklik Atur Pengiriman, status akan berubah menjadi “Menunggu untuk Pickup”

             (ii) Jika ada pickup yang gagal, penjual akan diberikan pemberitahuan tanggal pickup gagal dan alasannya

      i.Untuk Penjual Drop-off, setelah mengklik RTS:

             (i) Untuk LEX DOP: Status akan berubah menjadi ‘To drop off at a station’ with DOP map (LEX)

            (ii) Untuk non- LEX DOP: status hanya akan berubah menjadi “To drop off at a station”

      j. Anda bisa melakukan Pembuatan Ulang Paket untuk mengubah status menjadi To Pack selama Atur Pengiriman belum di klik..

6.Q : Bagaimana cara mengatur pesanan bagi seller Pick up ?

A : Tahap 1

a.Cetak Label Pengiriman (AWB)

b.Setelah dicetak (print), pesanan akan otomatis pindah ke halaman “Atur Pengiriman”

c.Lakukan pengemasan untuk pesanan tersebut

Tahap 2

1. Setelah selesai pengemasan, ubah status pesanan dengan “Atur Pengiriman”

2. Partner Logistik pickup Anda akan menjemput paket Anda di lokasi

7. Q : Bagaimana cara mengatur pesanan bagi seller Dropoff ?

A : Tahap 1

1.Cetak Label Pengiriman (AWB)

2.Setelah dicetak, pesanan akan otomatis pindah ke halaman “Atur Pengiriman”

3.Lakukan pengemasan untuk pesanan tersebut

Tahap 2 :

1.Setelah selesai pengemasan, ubah status pesanan dengan “Atur Pengiriman”

2.Anda perlu melakukan dropoff di agen partner logistic Anda

3.Akan diinfokan rekomendasi lokasi dropoff

8. Q : Bagaimana memproses pesanan bagi penjual DBS ?

A : Bagi anda penjual DBS , proses pesanan dapat dilakukan sebagai berikut :

     1. Untuk pesanan DBS perlu melakukan Pengaturan Pengiriman di halaman “Atur Pengiriman”, dan langsung masuk ke halaman Shipping

     2. Setelah klik “Atur Pengiriman” atau Ready To Ship, akan ada 2 pilihan:

               (i) Update paket menjadi Failed Delivery atau

              (ii) Konfirmasi Pengiriman

    3. Lalu penjual perlu mengupload ePOD sebagai bukti pengiriman atau pengiriman gagal

    4. Status pengiriman akan menyesuaikan dengan yang diinput oleh penjual.

    5. Pesanan akan langsung masuk ke kolom “Diterima” atau “Pengiriman Gagal”

** Untuk informasi detail mengenai perubahan halaman pesanan anda bisa klik disini

Apakah Artikel ini bermanfaat untukmu?
Lazada University Logo
ADA dapat diakses 24 jam. Layanan Live Chat tersedia dari Senin - Sabtu pukul 9 pagi - 6 sore.